Tips Memilih Tabung Sentrifus

Interferon – Garda terdepan melawan infeksi virus
December 21, 2018
ELISA Kit Untuk Penelitian Kanker
February 21, 2019
Show all

Tips Memilih Tabung Sentrifus

Memilih Tabung sentrifus

Sentrifugasi adalah metode yang banyak digunakan untuk memisahkan cairan yang diperlukan untuk analisis di laboratorium. Umumnya spesimen darah atau pada preparasi sampel biologi molekuler menggunakan sampel yang sulit didapat/berharga. Memilih tabung sentrifus yang baik untuk riset yang Anda lakukan adalah bagian penting dalam melestarikan spesimen Anda dan pada akhirnya akan mendapatkan hasil yang optimal.

Steril atau Non-Steril?

Meskipun tabung sentrifus diproduksi pada suhu tinggi, ini bukan jaminan sterilitas. Jangan menganggap tabung sentrifus Anda steril, pastikan Anda memeriksa spesifikasi dengan seksama sebelum digunakan. Berbagai metode digunakan untuk memproduksi tabung steril, dan dalam banyak kasus, itu adalah praktik yang baik untuk menjaga tabung dalam lingkungan aseptik.

Rak atau Kantong?

Umumnya, tabung steril tersedia dalam rak stirofoam. Ini membuatnya mudah dan efisien dalam menyimpannya. Jika kemasan rak tidak dibutuhkan, biaya akan lebih hemat untuk membeli tabung centrifus yang dikemas dalam jumlah besar katakanlah 25 tabung per kantong.

Relative Centrifugal Force

Produsen akan memberikan rating RCF untuk tabung mereka. RCF adalah peringkat yang lebih penting daripada RPM karena RCF memperhitungkan gaya gravitasi sedangkan RPM hanya memperhitungkan kecepatan putaran rotor. Harga tabung sentrifus bervariasi secara signifikan sesuai spesifikasi. Penting untuk mencocokkan spesifikasi dengan kebutuhan Anda untuk mendapatkan hasil terbaik dan efektivitas biaya.

Volume dan Ukuran

Pengisian sampel yang berlebihan, atau pun sampelnya kurang, dapat menyebabkan sampel menyembur ketika dilakukan sentrifugasi. Kebocoran selama sentrifugasi memungkinkan keluarnya aerosol dari cairan yang mengandung kontaminan dan tentu saja berpotensi menimbulkan bahaya kesehatan.

Produsen akan memberikan rincian tentang volume pengisian yang benar. Penting juga untuk memastikan bahwa ukuran tabung sesuai dengan rotor sentrifus Anda. Produsen biasanya menyediakan adaptor dari kepala sentrifus untuk mengakomodasi ukuran tabung yang berbeda.

Kompatibilitas Material

Pemilihan bahan dasar pembuat tabung sangat penting. Beberapa bahan kimia akan merusak tabung sentrifus dan produsen biasanya memberikan panduan tentang sifat resistensi produk terhadap bahan kimia tersebut. Plastik polipropilen banyak digunakan untuk pembuatan tabung sentrifus, yang tahan terhadap banyak bahan kimia dan memiliki sifat daya tahan yang sangat baik. Polipropilen dapat diautoklaf, tahan terhadap banyak pelarut organik, dan sangat ideal untuk aplikasi sentrifugasi berkecepatan tinggi. Jika ada keraguan tentang kompatibilitasnya, disarankan uji coba sebelum sentrifugasi.

Bahan lain yang digunakan oleh produsen untuk membuat tabung sentrifus adalah Polyethylene (PET), Polyallomer (PA) and Polycarbonate (PC.) PP dan PA warnanya buram dan menawarkan ketahanan kimia yang baik. PC dan PET jelas dan memberikan ketahanan kimia yang buruk.

BIOFIL menawarkan tabung sentifus dengan beberapa ukuran pilihan dan aplikasi yang berbeda. Misalnya yang sering digunakan adalah tabung tabung ukuran 0.2ml, 1.5ml, 15ml dan 50mL. Tersedia dalam pilihan steril atau non-steril, tutup putar atau klip, rak atau kantong.

SPESIFIKASI
  • Kokoh, polipropilena berkualitas tinggi  
  • Tahan terhadap bahan kimia seperti alkohol dan pelarut organik sedang. 
  • Hidrofobik, tidak bereaksi dengan sel atau protein
  • Translusen/tembus pandang yang memungkinkan melihat isi tabung
  • Bisa diautoklaf pada suhu+121°C dan tahan dingin hingga -80°C
  • Tahan pada sentrifugasi 25000xg (khusus untuk CFT008020/ CFT108015/CFT108020)
  • Memenuhi   standar internasional: ISO 9001, ISO 13485, CE Marked
  • Tersedia dalam pilihan 0.2ml, 1.5ml, 15ml dan 50mL
  • Graduasi untuk memastikan akurasi
  • Area putih untuk menulis label dengan spidol
  • Bebas RNase, DNase, dan Pirogen
APLIKASI
  • Sentrifugasi sel: pembuatan pelet, pemisahan dengan gradien densitas
  • Biologi molekuler misalnya sentrifugasi atau pembuatan pelel sel bakteri untuk isolasi DNA, purifikasi dan presipitasi asam nukleat
  • Penyimpanan sampel (suhu ruang hingga -80°C) 
  • Sentrifugasi presipitasi/endapan.

Tabel 1. Katalog tabung sentrifus

Nomor Katalog Deskripsi Packing
PCR000200 PCR Tubes 0.2ml Certified DNase &RNase Free, Flat Cap, Single, Natural 1000ea
CFT-001-015 Micro Centrifuge Tubes 1.5ml, Sterilized DNase/RNase free, Non-pyrogenic 500ea
CFT012150 Centrifuge Tubes 15ml,Conical,Sterilized,Dnase/Rnase-free 25ea
CFT012500 Centrifuge Tubes 50ml,Conical,Sterilized,Dnase/Rnase-free 25ea

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *