10 Fakta Mengenai Kanker

7 Grade Bahan Kimia Umum Yang Digunakan di Laboratorium
February 22, 2019
Sitokin Bagian 1
February 22, 2019
Show all

10 Fakta Mengenai Kanker

Kanker menyerang semua orang – muda dan tua, orang kaya dan miskin, pria, wanita dan anak-anak – dan memberikan penderitaan luar biasa pada pasien, keluarga dan masyarakat. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia.

Namun, banyak dari kematian ini dapat dihindari. Antara 30-50% kanker dapat dicegah dengan pilihan gaya hidup sehat seperti menghindari kebiasaan buruk merokok dan tindakan kesehatan masyarakat seperti imunisasi terhadap kanker penyebab infeksi. Beberapa kanker dapat dideteksi secara dini, diobati dan disembuhkan. Bahkan penderita kanker stadium akhir pun, penderitaan pasien dapat dikurangi dengan perawatan paliatif yang baik.

Sekarang mari kita lihat 10 fakta tentang kanker yang dirangkum oleh WHO dari  analisis statistik yang dilakukan.

Fakta 1: Sekira 16% manusia meninggal karena kanker

Pada tahun 2015, 8,8 juta manusia meninggal karena kanker, mendekati rasio 1 banding 6 dari kematian global.

Fakta 2: Kanker menyerang semua orang

Sekira 70% kematian karena kanker terjadi di negara berpendapatan kecil dan menengah.

Fakta 3: 5 tipe kanker teratas membunuh pria

Di dunia, pada tahun 2015, 5 tipe kanker teratas yang umumnya membunuh pria adalah (berurutan sesuai frekuensi kejadian) : kanker paru, hati, usus, kolorektal dan prostat.

Fakta 4 : 5 tipe kanker teratas membunuh wanita

Di dunia, pada tahun 2015, 5 tipe kanker teratas yang umumnya membunuh wanita adalah (berurutan sesuai frekuensi kejadian) : payudara, paru, kolorektal, serviks dan usus.

Fakta 5: Tidak merokok dapat membantu mencegah kanker

Antara 30-50% kanker dapat dicegah. Penggunaan tembakau merupakan penyebab tunggal terbesar kejadian kanker di dunia yang dapat dicegah dan bertanggung jawab pada sekira 22% kematian yang terkait kanker.

Fakta 6: Vaksinasi terhadap kanker penyebab infeksi

Pada tahun 2012, kanker penyebab infeksi bertanggung jawab terhadap  25% kasus kanker yang baru terdiagnosa di negara berpendapatan rendah dan menengah. Human papillomavirus (HPV) penyebab kanker serviks, dan  hepatitis B virus (HBV) penyebab kanker hati. Vaksinasi terhadap 2 virus tersebut dapat mencegah 1.1 juta kasus per tahun..

Fakta 7: Buruknya akses terhadap perawatan kanker di negara berpendapatan rendah

Pada tahun 2015, hanya kurang dari  30% laporan perawatan kanker yang tersedia di negara berpendapatan rendah, dibandingkan dengan 90% di negara berpenghasilan tinggi.

Fakta 8: Kanker menciptakan membebani ekonomi global secara signifikan

Dampak ekonomi dari kanker sangat signifikan dan terus naik. Biaya tahunan kanker pada 2010 sekira 1.6 trilyun USD.

Fakta 9: Perawatan paliatif

Di dunia, hanya sekira 14% manusia yang menerima perawatan tersebut.

Fakta 10: Kurangnya kebijakan memerangi kanker

Hanya satu dari lima negara berpendapatan rendah dan menengah memiliki data yang menjadi dasar pijakan pengambilan kebijakan akan kanker.

Elabscience® memiliki berbagai macam produk termasuk kit ELISA dan antibodi untuk studi yang terkait dengan kanker. Klik tautan berikut untuk katalog lengkapnya: http://bit.ly/ElisaKitUntukKanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *