7 Grade Bahan Kimia Umum Yang Digunakan di Laboratorium

ELISA Untuk Keamanan Pangan
February 21, 2019
10 Fakta Mengenai Kanker
February 22, 2019
Show all

7 Grade Bahan Kimia Umum Yang Digunakan di Laboratorium

Sangat penting bagi setiap orang dalam suatu organisasi penelitian atau di laboratorium memahami berbagai grade bahan kimia dan penggunaannya

Bahan kimia memainkan peran penting dalam proses pembuatan dan pengujian produk farmasi, peralatan medis, biologi, produk berbasis jaringan dan sel, dan banyak solusi terkait perawatan kesehatan lainnya. Laboratorium dan peneliti yang menggunakan bahan kimia dan reagen percaya bahwa pabrikan mereka telah mengidentifikasi dengan tepat grade setiap bahan kimia dan memastikan bahwa bahan kimia tersebut telah memenuhi semua standar peraturan dan sertifikasi untuk tujuan penggunaannya.

Ketika membuat larutan, pabrikan harus terlebih dahulu menentukan tingkat kemurnian kimia yang diperlukan berdasarkan penggunaan yang dimaksudkan. Daftar berikut ini menjelaskan tujuh grade bahan kimia umum, dari tingkat tertinggi hingga terendah/ kemurnian:

  1. Grade ACS  memenuhi atau melebihi standar kemurnian yang ditetapkan oleh American Chemical Society (ACS). Grade ini dapat digunakan untuk penelitian pada makanan, obat, atau penggunaan obat dan dapat digunakan untuk aplikasi ACS atau untuk prosedur umum yang memerlukan spesifikasi kualitas yang ketat dan kemurnian ≥95%.
  2. Grade reagen umumnya sama dengan grade ACS (≥95%) dan dapat digunakan pada makanan, obat, atau penggunaan obat dan cocok untuk digunakan di banyak laboratorium dan aplikasi analitis.
  3. Grade USP memenuhi atau melebihi persyaratan dari United States Pharmacopeia (USP). Grade ini dapat digunakan untuk makanan, obat-obatan, atau penggunaan medis. Ini juga umum digunakan untuk banyak aplikasi di laboratorium.
  4. Grade NF memenuhi atau melebihi persyaratan dari National Formulary (NF). USP dan NF (USP – NF) bersama-sama menerbitkan buku standar farmakopia publik untuk zat-zat obat kimia dan biologi, bentuk sediaan, preparasi kompon, eksipien, peralatan medis, dan suplemen makanan. Daftar NF ini harus ditinjau untuk menentukan mana yang dianggap sebagai grade yang setara.
  5. Grade Laboratorium adalah grade yang paling populer untuk digunakan dalam aplikasi pendidikan (praktikum), tetapi tingkat ketidakmurniannya tidak diketahui. Meskipun sangat bagus untuk mengajar dan pelatihan, itu tidak cukup murni untuk ditawarkan untuk digunakan pada makanan, obat, atau penggunaan obat apa pun.
  6. Purified Grade, juga disebut grade murni atau praktis, tidak memenuhi standar resmi; tidak cukup murni untuk digunakan pada makanan, obat, atau penggunaan obat apa pun.
  7. Grade Teknis digunakan untuk tujuan komersial dan industri; namun, seperti banyak lainnya, itu tidak cukup murni untuk digunakan pada makanan, obat, atau penggunaan obat apa pun.

Grade ACS, Reagen, dan USP-NF biasanya setara dan dapat dipertukarkan tetapi, meskipun demikian, kesesuaian harus selalu dikonfirmasi sebelum digunakan. Ini dapat dilakukan dengan meninjau persyaratan peraturan yang berlaku.

Grade laboratorium, murni, dan teknis memiliki kegunaannya sendiri. Misalnya, bahan kimia grade laboratorium, karena biaya rendah dan kemurnian kimia yang baik, digunakan secara luas dalam aplikasi pendidikan, seperti praktikm di laboratorium pada tingkat sekolah menengah dan perguruan tinggi; Namun, bahan kimia kelas laboratorium tidak akan sesuai untuk digunakan di laboratorium Quality Control pada produsen farmasi atau alat medis. ACS-, USP-, atau bahan kimia yang terstandar harus digunakan dalam laboratorium ini, karena grade tersebut memiliki lebih sedikit kotoran yang pada akhirnya dapat berdampak pada pasien yang memakai obat-obatan yang dibuat dengan bahan kimia tersebut.

Dengan tujuh jenis kelas kemurnian kimia yang berbeda dan tidak sama, sangat penting bagi kita untuk memahami bagaimana mereka dapat mempengaruhi produk. Menggunakan tingkat kemurnian yang lebih rendah dari standar produk yang seharusnya akan menyebabkan kesalahan yang sangat mahal. Demikian pula, menggunakan kelas dengan kemurnian yang lebih tinggi bila tidak diperlukan dapat mengakibatkan biaya yang tidak perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *