5 Tips Memilih Sentrifus

WA 081293185185 | Jual Streptozotocin 1 gram – Ready Stock
March 13, 2019
WA 081293185185 | Jual Total Dietary Fiber Assay Kit dari Megazyme
March 14, 2019
Show all

5 Tips Memilih Sentrifus

Dasar Sentrifugasi

Sentrifugasi adalah teknik yang membantu memisahkan campuran dengan menerapkan gaya sentrifugal. Sentrifus adalah perangkat, umumnya digerakkan oleh motor listrik, yang menempatkan sebuah objek, misal., Rotor, dalam gerakan rotasional di sekitar sumbu tetap.

Sebuah sentrifus bekerja dengan menggunakan prinsip sedimentasi: Di bawah pengaruh gaya gravitasi (g-force), zat-zat terpisah sesuai dengan kepadatannya. Berbagai jenis pemisahan yang kita ketahui, isopiknik, ultrafiltrasi, kerapatan gradien, pemisahan fasa, dan pelet.

Begitu banyak jenis sentrifus untuk dipilih

Sementara sentrifus lab telah lama menjadi alat standar di laboratorium, kami sering menemukan masih banyak orang memiliki banyak pertanyaan tentang model sentrifus mana yang sesuai untuk kebutuhan mereka. Ini tidak mengherankan mengingat banyaknya pilihan sentrifus laboratorium yang tersedia di pasaran saat ini.

Untuk membantu membuat proses memilih sentrifus ini sedikit lebih mudah, kami telah membuat lima tips yang mudah digunakan untuk memilih sentrifus mana yang akan membuat hidup Anda di laboratorium lebih sederhana.

Tips memilih Sentrifus

1. RPM penting, tetapi G-Force bahkan lebih penting.

Secara tradisional, RPM/revolution per minute telah digunakan sebagai kriteria seleksi yang utama ketika akan memilih sentrifus. Dan meskipun informasi ini bermanfaat, itu tidak selalu menceritakan keseluruhan cerita. Untuk memastikan pemilihan sentrifus yang tepat, Hitunglah G-Force yang dibutuhkan oleh sampel Anda. Data g-force ini yang Anda butuhkan, yang membantu Anda dalam memilih sentrifus yang cocok dengan kebutuhan lab. Perbedaan antara rpm dan rcf adalah penting, karena dua rotor dengan diameter berbeda berputar pada kecepatan rotasi yang sama (rpm) akan menghasilkan percepatan yang berbeda (rcf). Sedikit bingung ya. Tapi jangan khawatir banyak kok konverter rpm ke rcf, bahkan di sentrifus generasi terbaru ada tombol untuk konversi rpm ke rcf dan sebaliknya.

2. Fleksibilitas Rotor

Jarang kita temukan di lab manapun, satu sentrifus cocok untuk semua kegiatan riset, terutama untuk rekan kerja yang berbeda topik riset atau pun juga untuk alur kerja riset yang berbeda di masa depan. Luangkan waktu Anda untuk mengidentifikasi opsi sentrifus dengan dengan fleksibilitas tambahan dari berbagai rotor yang mudah diganti sesuai dengan tabung yang digunakan.

Rotor yang paling umum dalam sentrifugasi laboratorium adalah rotor sudut tetap (fixed-angle) atau rotor ayun (swing-bucket rotor).

Kelebihan fixed angle utamanya adalah kurangnya bagian yang bergerak di rotor. Ini menghasilkan tekanan/stres logam yang lebih rendah (umur pakai lebih lama), gaya-g maksimum yang lebih tinggi dimungkinkan dan untuk banyak aplikasi, waktu sentrifugasi yang lebih cepat dapat terealisasi. Kapasitasnya yang terbatas (kurang fleksibel) dari rotor sudut tetap adalah satu-satunya kelemahan. Posisi pelet sangat tergantung pada sudut tabung, ini terletak dari sisi ke bagian bawah tabung saat berputar. Kebanyakan rotor memiliki sudut 45 ° untuk tabung. Semakin besar sudut tabung, semakin ketat pelet. Sudut rotor yang lebih kecil menghasilkan area pellet yang lebih tersebar.

Gambar 1. Fixed angle rotor (merk Gyrozen)

 

Sedangkan swing-bucket rotor sangat fleksibel untuk menggunakan format tabung yang berbeda, memiliki berbagai sistem adaptor dan kapasitas sampel yang tinggi. Bagian swing-bucket yang berputar menghasilkan tekanan/stres logam yang meningkat untuk rotor dan bucket karena bobot bucket menempatkan beban pada kedua pivot dan alur tersebut. Dibandingkan dengan rotor fixed angle, rotor swing-bucket memiliki keterbatasan yaitu hanya cocok pada gaya-g maksimum yang lebih rendah, artinya waktu sentrifugasi yang lebih lama. Berdasarkan prinsip swing-bucket, pelet terletak di bagian bawah tabung (posisi horizontal tabung selama beroperasi).

Gambar 2. Swing-bucket rotor (merk Gyrozen)

Untuk Memilih Tabung Sentrifus, kami berikan tips pada tautan berikut: Tips Memilih Tabung Sentrifus

 

3.  Ketersediaan Ruang

Banyak opsi model sentrifus yang tersedia saat ini, tergantung kebutuhan dan luasan ruang yang tersedia. Secara umum, sentrifus diklasifikasikan oleh dua model yaitu floor-standing (di atas lantai) dan bench-top (di atas meja).

Sentrifus floor-standing berdiri di lantai, tidak membutuhkan meja, tetapi membutuhkan setidaknya satu meter persegi ruang lantai lab. Merupakan pilihan yang baik untuk protokol penelitian yang membutuhkan kecepatan dan kapasitas tinggi. Di antara sentrifus floor-standing adalah, ultrasentrifus, sentrifus super-speed dan sentrifus low-speed . Ultrasentrifus adalah sentrifus untuk kecepatan sangat tinggi. Sentrifus refrigerated ini memiliki ruang evakuasi untuk memungkinkan kecepatan rotasi hingga 150.000 rpm. G-force-nya sekitar 300.000 hingga 1.000.000 × g.

Gambar 3. Sentrifus Floor standing (merk Gyrozen)

 

Sedangkan sentrifus bench-top, memiliki beberapa pilihan ukuran. Mikrosentrifus dioptimalkan untuk tabung dengan volume rendah, memiliki tapak kecil, dan berkisar antara 14.000 hingga 30.000 × g dengan tabung mikro 48 buah. Beberapa sentrifus bahkan dapat digunakan untuk beberapa tabung sentrifus konikal 15 mL atau 50 mL. Banyak vendor menawarkan versi yang non refrigerated dan refrigerated serta berbagai aksesoris berdasarkan kapasitas tabungnya. Ada juga sentrifus multifungsi menawarkan ruang rotor yang lebih besar, sentrifus multifungsi memungkinkan variasi rotor yang berbeda (sangat fleksibel). Selain sistem rotor yang fleksibel, sistem adaptor khusus memungkinkan penggunaan berbagai jenis tabung dan botol (dari 0,2 mL hingga 1.000 mL) serta plat mikrowell.

Gambar 4. Sentrifus multifungsi (merk Gyrozen)

 

4.  Refrigerated atau Non Refrigerated

Jika Anda rutin mengerjakan sampel dengan suhu penyimpanan bawah 4oC, atau jika Anda membutuhkan suhu dingin agar mengurangi risiko sampel terlalu panas selama sentrifugasi, maka jelas Anda membutuhkan sentrifus dengan sistem refrigerated. Dengan kemajuan desain, beberapa model sentrifus modern menggabungkan sistem ventilasi yang dirancang untuk menjaga sampel Anda tetap dingin saat rotor berputar, memastikan sampel Anda tidak terlalu panas.

5.  Permudah hidup Anda dan rekan lab Anda

Hidup ini terlalu singkat jika hanya digunakan untuk memikirkan sentrifus. Tenangkan Anda dan rekan kerja lab Anda dengan sentrifus yang menawarkan kontrol intuitif dan panel kontrol yang mudah dinavigasi. Sekarang ini, hampir semua sentrifus memiliki proses kontrol digital, bukan analog lagi. Dengan monitor layar sentuh dan kemampuan menyimpan program yang mumpuni. Bahkan, sentrifus terbaru dilengkapi dengan kemampuan mengenali jenis rotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *