Komponen pada ELISA Kit

WA 081293185185 | Jual Total Dietary Fiber Assay Kit dari Megazyme
March 14, 2019
Panduan Penyimpanan Antibodi
April 5, 2019
Show all

Komponen pada ELISA Kit

Komponen yang umumnya ada pada ELISA kit adalah Mikroplat, Pengencer Sampel, Kontrol, Standard atau Kalibrator, Konjugat, Substrat, Stop Solution, Wash Buffer.

Catatan: Umumnya ELISA kit komersial menggunakan sistem indirect atau sandwich ELISA.

Komponen tersebut memiliki fungsi sebagai berikut:

Mikroplat: merupakan fasa solid yang umumnya berupa sumuran 96 lubang dan tiap lubang telah dilapisi secara nonkovalen oleh antigen atau antibodi.

Pengencer sampel: merupakan larutan untuk mengencerkan sampel sesuai dengan konsentrasi yang dibutuhkan untuk test ELISA

Kontrol; Biasaya ada kontrol positif dan kontrol negatif. Nilai OD kontrol negatif tidak boleh lebih tinggi daripada nilai standard dan nilai OD positif kontrol tidak boleh lebih rendah dari nilai standard, jika tidak, maka hasil test invalid.

Standard atau Kalibrator: Produsen ELISA kit akan memberikan standar berbeda dengan konsentrasi yang diketahui atau konsentrasi kalibrator yang sama. Dengan menggunakan standar, peneliti mendapatkan kurva dan membaca nilai konsentrasi dari kurva. Dengan menggunakan kalibrator, peneliti mendapatkan nilai cut-off, dan menggunakannya untuk mendapatkan rasio sample/kalibrator.

Konjugat: merupakan antibodi sekunder, yang akan berikatan pada kompleks antibodi-antigen. Dan berikatan dengan enzim untuk bereaksi dengan substrat.

Substrat: Substrat bereaksi dengan enzim akan menghasilkan perubahan warna, yang nantinya akan diukur sebagai jumlah antibodi atau antigen. Biasanya TMB (3,3’,5,5’-Tetramethylbenzidine) sering digunakan sebagai substrat dalam kit ELISA.

Stop Solution: Penghenti reaksi, biasanya campuran dari larutan H2SO4 dan HCI

Wash Buffer: Digunakan ketika peneliti akan membuang antibodi atau antigen yang tidak berikatan.

Product Description: Dibandingkan dengan manual versi web, maka manual yang berada dalam boks ELISA kit lebih update dan valid.

Certificate of Analysis: dokumen yang dikeluarkan oleh Bagian QC yang mengonfirmasi bahwa ELISA kit yang diproduksi memenuhi spesifikasi. Berisi hasil akhir yang diperoleh dari pengujian yang dilakukan sebagai bagian dari kontrol kualitas suatu produk.

Berikut merupakan list komponen dari Human TNF-α(Tumor Necrosis Factor Alpha) ELISA Kit merk ELABSCIENCE:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *