Apa bedanya: Ultra Pure Water (UPW), Deionised water (DI water) dan Aquadestilata?

Air di alam mengandung banyak sekali pengotor (impurities) baik berupa ion anorganik, senyawa organik, bakteri, pirogen, gas, atau partikel padat terlarut. Saat ini banyak sekali metode yang dapat digunakan untuk memurnikan air seperti teknologi RO dan ion exchanger. Air yang dihasilkan dapat dikategorikan menjadi 5 jenis, dilihat dari tingkat kemurniannya yaitu: purified water mencakup air RO, air destilasi, dan air DI, pure water, dan ultra-pure water.

KualitasUltra Pure WaterPure WaterPurified Water  
Deionised waterDestilated waterRO water
Konduktivitas0.05 - 0.10.1 - 1October 1, 2019October 1, 202020 - 30
ResistivitasOctober 1, 2018October 1, 2019October 1, 20190.05 - 0. 10.03 - 0.05
Cara ProduksiPolishing mixed-bed systemStrongly basic mixed-bed systemWeakly basic mixed-bed systemBoilingMembrane

Ultra Pure Water (UPW) /Air Ultra Murni

Ultra pure water (UPW) merupakan air yang dipurifikasi dengan spesifikasi yang ketat, hanya mengandung H2O dan ion H+ dan OH- dalam keadaan setimbang. Ultra Pure Water atau Air Ultra Murni memiliki nilai konduktivitas hingga 0.055 µS/cm pada suhu 250 C atau resistivitas sekitar 18,2 MOhm, biasanya lebih banyak menggunakan parameter resistivitas daripada konduktivitas untuk memudahkan pembacaan pada alat. Air ini sering juga disebut sebagai air yang sangat murni karena memiliki kandungan pengotor yang mendekati 0. Untuk menghasilkan air ultra-pure digunakan kombinasi teknologi yang lebih canggih yang sudah ada dalam satu kesatuan, misalnya terdiri atas: karbon aktif, safety filter, membran RO, ion exchanger, UV sterilizer, CDI, dan UF.

Ultra Pure Water (UPW) banyak digunakan pada industri semikonduktor, farmasi dan laboratorium riset. Masing-masing industri tersebut memiliki standar yang berbeda untuk UltraPure Water ini. Misalnya saja untuk industri farmasi, UltraPure Water digunakan sebagai agen pembersih atau juga sebagai kandungan produk, jadi Ultra Pure Water yang dibutuhkan haruslah terbebas dari endotoksin, mikroba dan virus. Spesifikasi Ultra Pure Water untuk laboratorium riset hampir sama spesifikasinya dengan farmasi.

INDOGEN WA. 0812-9318-5185 | menjual UltraPure Water atau Air Ultra Murni dari Cayman Chemical dan Thermo Fischer.

MerkNo KatalogDeskripsiPacking
Cayman Chemical400000UltraPure Water1L/4L
Thermo Fischer10977035UltraPure™ 500mL
10977023DNase/RNase-Free Distilled Water10 x 500mL

Ultrapure water ini oleh para peneliti biasanya digunakan untuk salah satu atau kombinasi dari aplikasi berikut ini : HPLC, LCMS, ICPMS, biologi molekular dan kromatografi ion yang membutuhkan air bebas dari semua kontaminan termasuk di dalamnya adalah ion, organik dan elemen pengotor lainnya.

Deionised water (DI water)

 Deionized water atau sering disingkat DI Water diproduksi dengan proses destilasi dengan sistem destilasi tabung gelas tunggal atau ganda atau dipurifikasi dengan ion exchanger untuk membuatnya terbebas dari ion. Tidak ada jaminan kualitas deionized water terbebas dari kontaminan seperti halnya ultrapure water, dimana kemurniannya 100%.  Karena teknologi deionisasi yang digunakan hanya purifikasi berbasis ion exchanger, secara teori sangat terbatas kemampuannya untuk menghilangkan kontaminan organik, biologis atau pengotor lainnya. Meskipun teknologi deionisasi bisa menghilangkan kontaminan ionik dan senyawa lainnya yang mengandung muatan, teknologi tersebut tidak memiliki spesifikasi untuk membuang kontaminan organik/biologis untuk memastikan bahwa air bisa terbebas dari semua kontaminan.

Gambar 1. Tehnik Destilasi

Indogen WA. 0812-9318-5185 | menjual Deionised water atau DI water merk Indochemical.

MerkNo KatalogDeskripsiPacking
Indochemical

Destilated Water/Aquadestilata

Proses destilasi sudah lama digunakan oleh manusia dengan cara menguapkan air untuk menghasilkan air murni. Air destilasi atau aquadest memiliki konduktivitas hingga 10 µS/cm dan memiliki keunggulan lebih baik dibandingkan air RO karena kemampuannya menghilangkan gas anorganik yang terlarut dalam air, akan tetapi biaya operasional yang mahal dan membutuhkan waktu yang lebih lama menjadikan air RO tetap sebagai pilihan bagi banyak industri dan perusahaan.

Indogen WA. 0812-9318-5185 | menjual Aquadestilata merk Indochemical yang banyak digunakan di laboratorium riset dan praktikum rutin.

 

Sumber:
https://medium.com/@merckpr1/ultra-pure-water-vs-deionized-water-d50f6d31bc19

https://www.lenntech.com/applications/ultra-pure-water.htm

https://en.wikipedia.org/wiki/Ultrapure_water

https://iqshalahuddin.wordpress.com/2016/06/07/pemurnian-air-dan-jenisnya/