Kandang Metabolik Untuk Tikus dan Mencit

Kandang Metabolik Untuk Tikus dan Mencit

Kandang Metabolik Untuk Tikus dan Mencit

Rodensia

Hewan pengerat banyak digunakan dalam ilmu pengetahuan dan studi eksperimental. Tikus adalah salah satu spesies mamalia utama yang digunakan untuk evaluasi toksisitas akut dan kronis, metabolisme dan bioavailabilitas dalam evaluasi praklinis obat dan pre registrasi evaluasi bahan kimia. Selain itu tikus juga digunakan untuk studi metabolisme, studi farmakokinetik, pengujian toksisitas, pengujian potensi vaksin, model untuk induksi tumor dan lain-lain.

Anda juga bisa membaca artikel mengenai Apa Perbedaan Antara Rabbit dan Mouse Antibodies di sini

Kandang Metabolik

Gambar 1. Kandang Metabolik Untuk Tikus dan Mencit merk Fengshi

Gambar 1. Kandang Metabolik Untuk Tikus dan Mencit merk Fengshi

Digunakan untuk mendapatkan informasi tentang fungsi metabolisme dan bagaimana berbagai faktor mempengaruhi proses metabolisme hewan. Kandang metabolik dilengkapi dengan sistem yang unik untuk pengumpulan feses dan urin secara terpisah dan dirancang untuk menghindari kontaminasi urin dan efektif memisahkan urin dan feses ke dalam tabung pengumpul di luar kandang. Selain itu kandang metabolik pertama kali dikembangkan untuk memeriksa misalnya saja kecernaan, zat  dan nilai gizi dari pakan yang berbeda untuk hewan ternak untuk menyusun ransum  pakan. Penelitian yang menggunakan kandang metabolik juga telah memberikan informasi penting tentang kebutuhan nutrisi hewan. Ada beberapa perusahaan yang memproduksi kandang metabolisme komersial untuk laboratorium hewan misalnya saja Tecniplast; Harvard apparatus; Braintree scientific, Fengshi dan Pretty Scientific. Sebagai contoh, berikut ini merupakan kandang metabolik untuk tikus dan mencit merk Fengshi.

Hewan yang ditempatkan di kandang metabolisme biasanya 24 jam atau lebih lama. Artinya kandang ini dapat memberikan ketidaknyamanan bagi hewan sehingga desain kandang metabolik harus bisa memastikan kenyamanan bagi hewan uji. Menurut penelitian, sebagian besar tikus lebih suka tidur di alas kandang yang kokoh. Hewan pengerat yang ditempatkan di kandang metabolisme bisa tidak melakukan beberapa perilaku alami mereka seperti proses pembangunan sarang, persembunyian dan interaksi sosial. Isolasi sosial mempengaruhi saraf pusat sistem tikus. Jika kenyamanan kandang tidak diperhatikan, maka tikus atau mencit akan mudah stress. Beberapa peneliti jgua mengungkapkan bahwa lantai kandang dapat menyebabkan hipersensitivitas dan cedera pada saraf kaki tikus dan menyebabkan peningkatan kadar kortikosteron, meningkatnya tekanan darah, detak jantung dan suhu tubuh.

MerkKatalogDeskripsiDimension
FengshiModel: DXL-DNew metabolic cage for rats, polycarbonate290x290x550mm
FengshiModel: DXL-DLNew metabolic cage for rats, polycarbonate290x290x650mm
FengshiModel: DXL-XSNew mouse metabolic cage, polycarbonate210x205x320mm
FengshiModel (Model): DXL-10Rat metabolic cage, polycarbonate1350x350x1500mm
Pretty ScientificB7Metabolic Cage, polycarbonate (can be  use for mouse and rat)290*290*550mm
Pretty ScientificB7-12Metabolic Cage, polycarbonate,12 set (can be with mouse and rat)290*290*550mm


Bahan Kandang Metabolik

Biasanya terbuat dari bahan polikarbonat transparan dan tahan gigitan. Wadah pakan terdapat di luar kandang dengan ukuran yang dirancang agar hewan tikus atau mencit tidak tidur atau bersarang di dalam dan juga berisi laci yang mudah ditarik untuk memudahkan pengisian dengan gangguan minimal pada tikus. Tempat ini biasanya tidak didesain untuk menampung pakan pelet biasa tapi berupa cairan, atau bubuk. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah hewan menyeret pakan ke dalam kandang. Konstruksi ruang makan dan lacinya dirancang sedemikian rupa agar urin tidak mengkontaminasi pakan. Botol air dikalibrasi, terletak di luar kandang dan terbuat dari polikarbonat. Di bawah botol air ada tabung pengumpul tumpahan yang dikalibrasi mencegah air masuk ke kandang dan mencemari urin. Penumpukan tumpahan tabung dikalibrasi dan memungkinkan peneliti ​​menghitung asupan air sebenarnya dari hewan coba. Kandang memiliki selusur lantai dan urin mengalir di tengah corong ke tabung penampung urin  di bawah kandang yang diukur dalam sentimeter kubik. Feses turun disisi corong dan masuk ke tabung feses khusus.

 

Metode Pengumpulan Urin dan Feses

Dalam beberapa penelitian, pengumpulan total urin dan feses mungkin tidak diperlukan dan sebagai gantinya sampel tunggal dapat digunakan. Pengumpulan urin dan feses hewan penting untuk analisis metabolit yang beraneka ragam dan produk metabolit beracun. Analisis urin adalah salah satu metode yang paling sering digunakan untuk memperoleh informasi tentang kesehatan hewan. Analisa klinis urin dapat mencakup misalnya saja pengukuran pH, protein, glukosa, bilirubin, hemoglobin dan kadar keton. Dalam bidang biokimia serta nutrisi, toksikologi, perilaku dan percobaan fisiologis, analisis urin hewan laboratorium merupakan sumber informasi penting. Untuk mendapatkan sampel urin yang tidak terkontaminasi, penting untuk memastikan bahwa urin tidak terkontaminasi bersentuhan dengan kotoran atau pun pakan. Selanjutnya, metode pengumpulan urin harus murah dan mudah dilakukan. Metode yang biasa digunakan untuk mengumpulkan urin dan feses studi biomedis adalah dengan menggunakan kandang metabolik khusus meski ada perdebatan mengenai stressnya hewan uji jika dimasukkan ke dalam kandang metabolik. Publikasi mengenai dampak stress hewan uji dalam kandang metabolik terhadap sampel dan juga tentang kesejahteraan hewan uji masih terbatas.

 

Sumber

Zymantiene dkk. 2015. Influence of metabolic vage on Wistar Rat physiological state. Department of Anatomy and Physiology, Veterinary Faculty of Lithuanian University of Health Science, Lithuania Tarland, E. 2007. Effect of metabolic cage housing on rodent welfare. Inst. för kliniska vetenskaper. SLU Uppsala, Sweden.