Assay Kit Viabilitas dan Proliferasi Sel dari merk R&D Systems

Assay Kit Viabilitas dan Proliferasi Sel dari merk R&D Systems

Assay Kit Viabilitas dan Proliferasi Sel dari merk R&D Systems

Pendahuluan

Assay viabilitas dan proliferasi sel dapat digunakan untuk mengevaluasi apakah terjadi apoptosis atau tidak selama penelitian dilakukan. Viabilitas sel mengacu pada jumlah sel sehat pada sampel, sedangkan proliferasi sel adalah jumlah sel yang melakukan pembelahan. Sel yang sedang mengalami apoptosis menunjukkan penurunan jumlah viabilitas dan proliferasi sel.

Assay untuk pengukuran viabilitas sel ini selain untuk pengukuran kematian sel terprogram (atau apoptosis) juga penting dalam optimasi kondisi sel kultur, evaluasi faktor pertumbuhan sel dan nutrien, menemukan antibiotik dan obat anti kanker baru, evaluasi efek toksik dari polutan lingkungan dan toksisitas diperantarai sel.

Penghitungan sel dengan mudah dapat langsung dilakukan dengan hemositometer, namun ada assay yang lebih cepat, kuantitatif dan akurat yang tersedia di pasaran untuk mengukur viabilitas dan proliferasi sel tersebut. Karena sel yang mengalami proliferasi secara metabolik lebih aktif dibandingkan sel yang diam, uji di bawah ini cocok untuk menentukan proliferasi serta viabilitas dan sitotoksisitas sel. Dibanding prosedur lainnya, assay MTT yang dikembangkan Mossman menjadi assay yang paling populer dan serbaguna.

 

Prinsip Assay MTT

Sel yang mengalami proliferasi atau apoptosis menunjukkan kenaikan atau penurunan, dalam kemampuannya untuk mengurangi garam tetrazolium, MTT (3-(4,5-dimethylthiazol-2-yl)-2,5-diphenyltetrazolium bromide). Pada sel yang secara metabolik aktif, MTT akan diubah menjadi kristal warna formazan ungu tidak larut. Penambahan deterjen akan melarutkan kristal yang kemudian bisa diukur absorbansinya dengan menggunakan spektrofotometer.  Assay MTT berbasis mikro plat ini memungkinkan pengukuran proliferasi dan viabilitas sel secara aman dan sensitif serta ideal digunakan pada platform berkinerja tinggi. Laju reduksi garam tetrazolium sebanding dengan laju proliferasi sel.

Selain TACS MTT Assay dari R&D Systems USA, INDOGEN pun mensuplai MTT Assay dari merk Bioassay Systems, Biovision, Abcam, Thermo dan Elabscience. Jumlah tes per kitnya berbeda tiap manufactur tersebut, ada MTT Assay 500T, ada yang dijual MTT Assay 1000T bahkan R&D Systems menjual MTT Assay dengan jumlah test 2500 Test dan 5000 Test. Hal ini tentu bagus untuk para konsumen, lebih banyak pilihan sesuai dengan jumlah sampel yang akan dianalisa.

MTT Assay kit yang dijual INDOGEN tersebut biasanya menggunakan metode kolorimetri, non radioaktif, basis microwell plate dan dibaca dengan spektrofotometer atau microplate reader. Component kitnya biasanya terdiri dari reagen MTT dan deterjen. Saran penyimpanan biasanya pada suhu refrigerator 4-8 derajat Celcius. Expiration Date atau Kadaluwarsa kit MTT Assay berkisar antara 6 bulan hingga 1 tahun.

MerkNo KatalogDeskripsiPack
R&D Systems4890-025-KTACS MTT Cell Proliferation Assay2500T
R&D Systems4890-050-KTACS MTT Cell Proliferation Assay5000T
ElabscienceE-CK-A341MTT Assay Kit (Cell Proliferation)[341]500T
ElabscienceE-CK-A341MTT Assay Kit (Cell Proliferation)[341]1000T
ABCAMab211091MTT Assay Kit (Cell Proliferation)1000T
Bioassay SystemsCQMT-500CellQuanti-MTTTM Cell Viability Assay Kit500T
BiovisionK299MTT Cell Proliferation Assay Kit (Colorimetric)1000T
ThermoV13154CyQUANT™ MTT Cell Viability Assay1000T

 

Kadangkala, karena alasan tertentu, peneliti lebih memilih membeli MTT powder. Hal ini dikarenakan dengan membeli MTT serbuk lebih hemat, dapat digunakan untuk sampel yang lebih banyak. Memang peneliti harus menyiapkan reagen pendukung lainnya. Atau bisa saja, membeli MTT powder karena untuk tujuan praktikum di laboratorium. Sehingga para mahasiswa mempelajari prinsip dan tahapan penelitian dengan lebih baik. Untuk memfasilitasi kebutuhan MTT powder, INDOGEN menjual MTT Powder merk SangonBio A600799-0250 Thiazolyl blue tetrazolium bromide  CAS : [298-93-1] – 250mg.

 

Sekiranya Anda tidak menemukan reagen atau kit yang dibutuhkan, silakan untuk menghubungi Tim Kami di WA. 081293185185 atau email : sales.indogen@gmail.com