Perbedaan ELISA Kit SimpleStep ABCAM, Quantikine Quickit R&D Systems dan Quickey Elabscience

Perbedaan ELISA Kit

Perbedaan ELISA Kit

Pendahuluan

Beberapa manufaktur ELISA kit ternama bersaing dalam inovasi produk misalnya saja kit ELISA. Sebut saja tiga merk besar produsen ELISA kit tersebut yaitu ABCAM, R&D Systems dan Elabscience. Mereka memberikan nilai tambah pada produknya, baik dari sisi quality control ELISA yang ketat, component kit yang lengkap, efisiensi produksi, pengiriman yang cepat dan aman serta juga dari protokol pengukuran ELISA yang dipersingkat.

Inovasi teknologi pada protocol ELISA memungkinkan proses pengukuran ELISA dapat dipersingkat waktunya. Biasanya pada ELISA tradisional dibutuhkan waktu paling tidak 3-3.5 jam untuk pengerjaan ELISA. Dengan beberapa tahapan pengerjaan yang diringkas atau dihilangkan, kini pengerjaan ELISA cukup hanya dengan 90 menit saja. Tentu saja, ini bisa dilakukan semata dengan adanya inovasi teknologi pada protokol pengerjaan ELISA kit tersebut. Juga, tidak kalah penting bahwa, protocol ELISA yang dipersingkat tidak akan mempengaruhi hasil uji ELISA.

Kali ini, Indogen sebagai distributor kit ELISA  ketiga merk tersebut di Indonesia, akan mengulas perbedaan seri ‘ELISA kit Cepat’ dari ABCAM, R&D Systems dan Elabscience. Yang Pertama, ABCAM mengeluarkan SimpleStep ELISA®, R&D Systems dengan Quantikine Quickit ELISA dan Quickey dari Elabscience.

Sesuai dengan yang dinyatakan pada webnya, SimpleStep ELISA merupakan ELISA  sandwich yang dikembangkan oleh ABCAM sesederhana dan seefektif mungkin. Quantikine Quickit ELISA dari R&D Systems dikembangkan dengan basis Quantikine ELISA yang telah lebih dulu menjadi gold standar. Menyusul berikutnya adalah QuicKey ELISA Kit dari Elabscience yang menyederhanakan proses pengerjaan dengan hanya 2 langkah pembilasan dan 3 tahap inkubasi.

 

Perbandingan Parameter

 Berikut kami sertakan perbandingan parameter dari Abcam, R&D Systems dan Elabscience (Tabel 1).

ParameterSimpleStep ABCAMQuantikine Quickit R&D SystemsQuickey Elabscience
Waktu90 menit90 menit2.5 jam
Jumlah marker> 700 marker20 marker18 marker
Sensitivitas*4 pg/ml0.079 ng/mL0.23 ng/mL
(ab181416)(QK1707)(E-TSEL-H0007)
HargaTinggiTinggiMedium - Low

Cat: Untuk parameter sensitivitas digunakan marker CRP sebagai acuan. Untuk marker lainnya bisa saja merk tertentu lebih tinggi nilainya.

 

Tampak secara sepintas bahwa ABCAM dan R&D Systems lebih unggul dibanding dengan Elabscience. ABCAM serius menggarap pangsa pasar ini dengan mengeluarkan kit ELISA SimpleStep hingga lebih dari 700 marker. Ini bisa difahami, mengingat waktu yang dimiliki para peneliti terbatas, sehingga mencari alternatif pengerjaan ELISA yang cepat namun tetap akurat. Namun, kualitas yang tinggi dari ABCAM dan R&D Systems tersebut diimbangi dengan harga yang cukup tinggi. Bagi yang mementingkan kualitas hasil uji, pilihan ABCAM atau R&D Systems merupakan pilihan bijak.

Untuk Quickey Elabscience pun patut menjadi pertimbangan. Meski dari segi waktu dan sensitifitas masih selisih jauh dibanding Abcam dan R&D Systems, namun ini setara dengan harga yang diberikan. Dari sisi kualitas ELabscience cukup baik, terutama jika Anda tidak membutuhkan sensitivitas tinggi dan longgar dalam waktu pengerjaan.

 

Spesifikasi ELISA

Spesifikasi yang ditawarkan oleh ketiga merk tersebut secara umum sama (Tabel 2). Meski terdapat variasi nilai pada masing-masing spesifikasi yang ditawarkan. Yang sering juga menjadi perhatian oleh para peneliti misalnya format microwell plate. Ada versi ELISA kit dengan microwell plate solid yaitu microplate yang 96 well itu satu buah. Ada juga kit ELISA dengan microplate strip 12 x 8 well atau biasa kita menyebutnya microplate lepasan. Ini sering ditanyakan oleh para peneliti sebelum membeli ELISA kit karena memiliki kelebihan tersendiri yaitu dapat digunakan untuk sampel dalam jumlah kecil (tidak langsung sekaligus).

Yang ditawarkan manufacture :Artinya untuk Anda :
Sensitivitas, reprodusibilitas dan spesifitas tinggiHasil yang konsisten dan dapat diandalkan
Sampel biologis tervalidasiGaransi reaksi dengan protein target
Protokol terstandar: sekali bilas 90 menitResiko error berkurang namun dengan protokol yang cepat dan mudah
Strip 12 x 8 well atau kita biasa menamakannya ‘microplate lepasan’Tidak ada sampah. Memungkinkan penggunaan kit dengan jumlah sampel yang sedikit.