TUNEL Apoptosis Assay Kit dari Merk Elabscience

TUNEL Apoptosis Assay Kit dari Merk Elabscience

Apa itu Apoptosis?

Apoptosis adalah serangkaian proses kematian yang sudah terprogram. Terprogram disni memiliki arti bahwa sel mampu mengeliminasi dirinya sendiri yang sudah tidak berfungsi lagi. Proses tersebut dilakukan secara biologis pada setiap organisme multiseluler. Apoptosis pada umumnya berlangsung seumur hidup dan bersifat menguntungkan bagi tubuh. Contohnya pembentukan jari saat masa embrio terjadi apoptosis sel yang terletak di antara jari menyebabkan masing-masing jari menjadi terpisah satu sama lain.

Gambar 1. Pembentukan jari akibat apoptosis

Contoh lain pada orang dewasa, apoptosis digunakan untuk membersihkan tubuh dari sel-sel yang telah rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi. Apoptosis juga berperan dalam mencegah kanker. Apabila sel kehilangan kemampuan melakukan apoptosis maka sel tersebut dapat membelah secara tak terbatas dan akhirnya menjadi kanker.
Baca juga artikel ELISA Kit terkait kanker disini

Tahapan Apoptosis

Tahapan Apoptosis secara singkat dibagi ke dalam 4 tahapan, yaitu:
1. Adanya Signal Kematian sel (penginduksi apoptosis)
2. Tahap Integrasi atau pengaturan (transduksi signal, induksi gen apoptosis, etc)
3. Tahapan pelaksanaan apoptosis (degradasi DNA, pembongkaran sel)
4. Sel pecah disebut juga badan apoptosis kemudian terjadi fagositosis sel tsb

Gambar 2. Proses Apoptosis

Uji Laboratorium Apoptosis

Penilaian apoptosis dapat dilakukan melalui berbagai uji sebagai berikut: uji TUNEL, uji caspase, uji Annexin, dan DNA laddering. Pada uji TUNEL (terminal transferase mediated dUTP-biotin nick end labelling) mendasarkan pada keadaan inti sel yang terfragmentasi. Pengujian tersebut meliputi parameter apoptosis diantaranya:
1. Sel kehilangan membran asimetrinya
2. Aktivasi protein pro-apoptosis Bcl-2
3. Aktivasi caspase
4. Hilangnya membran mitokondria dan dilepaskannya sitokrom c
5. Peningkatan pada sekelompok Sub G1
6. Kondensasi inti sel
7. Fragmentasi DNA
8. Membran sel blebbing

Tunel Apoptosis Assay kit

Perangkat kit apoptosis TUNEL yang dikembangkan oleh Elabscience®, diantaranya One-step TUNEL In Situ Apoptosis Kit, One-step TUNEL Flow Cytometry Apoptosis Kit, dan TUNEL In Situ Apoptosis Kit (HRP-DAB Method), dapat digunakan untuk deteksi apoptosis sampel jaringan (embedding parafin, irisan beku) dan sampel sel (pulasan sel, cell crawling films, suspensi sel, adherent sel).

Prinsip deteksi TUNEL apoptosis ini adalah melihat bagian terpenting dari proses apoptosis yaitu tahap akhir apoptosis dimana fragmentasi DNA, dan 3′-OH yang terpapar dari DNA yang terfragmentasi dapat dikatalisis oleh terminal deoxynucleotidyl transferase (TdT) untuk berikatan dengan dUTP berlabel fluorochrome, yang dapat divisualisasikan dengan mikroskop fluoresensi atau flow cytometry. Metode ini juga dikenal sebagai Metode satu langkah (sensitivitas deteksi lebih tinggi, hasil lebih intuitif, dan hasil eksperimen lebih mudah untuk dipublikasikan di artikel SCI). Juga ketika 3′-OH yang terpapar ditambahkan dengan dUTP (Biotin-dUTP) berlabel biotin dengan katalisis TdT, dan penambahan Streptavidin berlabel HRP (Streptavidin-HRP) selanjutnya pembentukan warna oleh pewarna DAB yang telah terkatalisasi dengan HRP, akhirnya sel apoptosis dapat teramati menggunakan mikroskop optik biasa.

Keuntungan One-step TUNEL In Situ Apoptosis Kit dari Elabscience

Sebelumnya kami pernah mengulas mengenai alasan memilih TUNEL apoptosis assay kit dari Elabscience di sini. Berikut kami rangkum kelebihan dari kit One-step TUNEL In Situ Apoptosis Elabscience:

1. Banyak pilihan warna: Berbagai warna fluorescent (FITC/ Elab Fluor® 488/ Elab Fluor® 594/ Elab Fluor® 647/ Elab Fluor® 555) tersedia.
2. Mudah penggunaannya: Pemberian warna dengan satu langkah, dapat menghemat waktu dan tenaga.
3. Aman/tidak toksik: Tidak mengandung dimethyl arsenate, tidak beracun dan tidak berbahaya bagi manusia dan lingkungan.
4. Cost-effective: Kunci komponen dikembangkan sendiri dengan kualitas yang lebih stabil, sehingga harga lebih terjangkau
5. Digunakan untuk berbagai aplikasi: Cocok untuk berbagai sampel jaringan (preparat paraffin & beku) dan sampel sel (slide sel).

Produk One-step TUNEL In Situ Apoptosis Kit Elabscience

Nama Produk Pewarna Ex/Em (nm) size
One-step TUNEL In Situ Apoptosis Kit (Green, FITC) FITC, DAPI FITC: 495/525

DAPI: 350/470

20/50/100T
One-step TUNEL In Situ Apoptosis Kit (Green, Elab Fluor® 488) Elab Fluor® 488, DAPI Elab Fluor® 488: 495/519

DAPI: 350/470

 

20/50/100T
One-step TUNEL In Situ Apoptosis Kit (Red, Elab Fluor® 594) Elab Fluor® 594, DAPI Elab Fluor® 594: 590/617

DAPI: 350/470

 

20/50/100T
One-step TUNEL In Situ Apoptosis Kit (Red, Elab Fluor® 647) Elab Fluor® 647, DAPI Elab Fluor® 647: 650/665

DAPI: 350/470

 

20/50/100T
One-step TUNEL In Situ Apoptosis Kit (Red, Elab Fluor® 555) Elab Fluor® 555, DAPI Elab Fluor® 555: 555/565

DAPI: 350/470

20/50/100T

Artikel terkait Apoptosis lainnya dapat anda baca juga yaitu kit untuk deteksi Annexin V, proliferasi sel dan deteksi Caspase.

Sumber:

1. TUNEL Assay Kits Elabscience®
2. Apoptosis Wikipedia
3. NIH (National Human Genome Research Institute) APOPTOSIS
4. Apoptosi Sel disusun oleh Dr. Tita Novianti, M.Biomed. 2020. Universitas Esa Unggul.