5 Tipe Micro Centrifuge Merek Magal

5 Tipe Micro Centrifuge Merek Magal

Fahami Tipenya Mulai Dari Spin Down Centrifuge Hingga High Speed Microcentrifuge.

A. Pengertian dan Aplikasi Centrifuge

Alat centrifuge adalah perangkat yang menggunakan gaya sentrifugal untuk memisahkan berbagai komponen cairan. Pemisahan ini dicapai dengan memutar kontainer berisi sampel dengan kecepatan tinggi. Gaya sentrifugal yang terjadi mendorong bahan yang lebih berat ke arah luar dari sumbu rotasi.

Centrifuge modern jika dilacak sejarahnya bermula dari ditemukannya peralatan lengan pemintal abad ke-18 oleh insinyur militer Inggris, Benjamin Robins, untuk menentukan gaya hambat. Pada tahun 1864, Antonin Prandtl menerapkan teknik ini untuk memisahkan komponen susu dan krim. Pada tahun 1875, saudara Prandtl, yaitu Alexender, menyempurnakan teknik ini, menciptakan mesin untuk mengekstrak lemak mentega. Hingga saat ini sentrifugasi masih digunakan dalam memisahkan komponen susu, kini penggunaannya telah meluas ke banyak bidang ilmu pengetahuan dan kedokteran lainnya.

Alat centrifuge ini ditemukan di sebagian besar laboratorium mulai dari laboratorium akademik, laboratorium klinis hingga laboratorium penelitian dan digunakan untuk memurnikan sel, organel sub seluler, virus, protein dan asam nukleat. Ada beberapa tipe centrifuge, yang dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan penggunaan atau desain rotor.

Centrifuge dapat digunakan untuk banyak aplikasi, karena ada banyak tipe centrifuge yang tersedia di pasaran saat ini. Beberapa aplikasi umum untuk sentrifuge tercantum di bawah ini:

● Pemisahan campuran dengan kepadatan
● Pisahkan cairan yang tidak dapat bercampur
● Sedimen padatan tersuspensi
● Pemisahan darah
● Pemisahan partikel yang tidak larut (misalnya protein tidak larut dalam larutan protein)
● Pemisahan Isotop
● Lingkungan simulasi gravitasi untuk astronot
● Memisahkan krim
● Fungsi putaran mesin cuci
● Pemisahan lumpur air limbah
● Sintesis material dalam lingkungan gravitasi tinggi
Dan masih banyak lagi pemanfaatan teknologi centrifuge di lapangan.

B. Magal Merek Centrifuge Yang Bagus

Didirikan pada tahun 2012, Magal adalah perusahaan mengembangkan dan memproduksi sentrifuge untuk tujuan penelitian akademis dan komersial. Dengan fokus pada kualitas dan inovasi, produknya dirancang, diproduksi dan dirakit semuanya di bawah satu fasilitas yang berlokasi di Shanghai, China, memberikan kualitas produk yang konsisten. Magal memiliki sertifikasi internasional seperti ISO 9001:2015, sertifikasi EU CE dan ISO 13485:2016.

Magal menawarkan dan menjual centrifuge yang bagus yaitu centrifuge dengan kinerja tinggi dan kualitas unggul. Dilengkapi dengan motor bebas perawatan, mekanisme yang awet dan berbagai fitur keselamatan dan ergonomis. Rotor dan adaptornya yang berkualitas tinggi dirancang agar sesuai dengan semua kebutuhan aplikasi Anda dan sesuai dengan berbagai tabung, strip dan microwell plate.

Beberapa seri yang terkenal yaitu Magal centrifuge Tipe M400D (low speed centrifuge) dan Magal tipe M16R (Refrigerated High Speed Centrifuge). Untuk Seri Micro centrifuge sendiri, Magal menjual mini centrifuge Mini-7G, spin down centrifuge Mini-10G, Mini centrifuge Mini-12G, Micro High Speed Centrifuge M15G, Micro High Speed Refrigerated Centrifuge M16RS.

Berikut merupakan tampilan produk micro centrifuge Magal.

 

C. Tipe Micro Centrifuge Gyrozen

Micro centrifuge adalah jenis centrifuge kompak yang ideal untuk memisahkan sampel cairan dalam jumlah kecil dengan kecepatan tinggi (biasanya lebih dari 6.000 rpm). Kebanyakan centrifuge mikro memiliki rotor strip PCR, adaptor untuk tabung PCR 0,2 ml, tabung microcentrifuge 0.5 ml dan Eppendorf tube 1.5ml.

Micro centrifuge laboratorium adalah peralatan laboratorium yang digunakan untuk pemisahan sampel heterogen dalam skala mikroliter. Perangkat ini bekerja dengan memutar sampel yang dimuat dalam rotor dengan kecepatan tinggi. Ini mengalami proses sentrifugasi yang melibatkan penggunaan gaya sentrifugal untuk pemisahan partikel atau makromolekul.

Pemisahan campuran heterogen kini lebih mudah, aman, dan berdaya hasil tinggi dengan Micro Centrifuge Magal. Micro centrifuge yang dikembangkan Magal dengan mempertimbangkan aplikasi rutin biologi molekuler Anda.

Desain yang kompak dan ringkas dari microcentrifuge Magal menghemat ruang di lab Anda dan kinerja kebisingannya yang rendah cocok digunakan di area kerja mana pun.

Umumnya Tabung microcentrifuge tube 1.5ml ini digunakan dalam sentrifugasi untuk aplikasi berikut:
● Pelet sampel
● Pengendapan
● Persiapan
● Pemurnian

Berikut merupakan tabel ringkasan spesifikasi 5 Tipe micro centrifuge Magal. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, dapat menghubungi kami: WA. +62 812-9318-5185

Model/Spesifikasi Mini-7G Mini-10G Mini-12G M15G M16RS
Refrigerate No No No No Yes
rpm 7000 10.000 12.000 15.000 16.000
PCR tube 4×12 2x2x8 4×12 4×8 4×8
Eppendorf tube 12 8 12 24 24
1.8ml Cryotube 4 4
Tube 5 ml 4 4 10 10
Tube 15 ml
Tube 50 ml
Microwell plate
Microhematocrit 12 24 24

Catatan: RPM dan kapasitas tabung yang ditampilkan adalah dalam kondisi maksimal.

D. Harga Spin Down Centrifuge

Spin down centrifuge adalah centrifuge personal seukuran telapak tangan. Biasanya kecepatannya berkisar antara 6.500rpm-7.500rpm. Tersedia beberapa merk di pasaran untuk spin down centrifuge ini, misalnya saja Gyrozen Mini6, Mini-6KC – ALLSHENG, SPINWIN™ MC-00 Micro Centrifuge – TARSONS dan D1008 palm micro centrifuge – DLAB.

Umumnya pada spin down centrifuge terdapat dua jenis rotor. Yang pertama adalah fixed angle rotor bulat dan yang kedua adalah fixed angle kupu-kupu.

Untuk fixed angle rotor bulat dapat memuat 6x 1.5/2ml microcentrifuge tube dan untuk fixed angle rotor kupu-kupu dapat memuat 16x PCR tube 0,2ml atau 2x 8 strip PCR tube. Penggantian rotor dapat dilakukan dengan mudah, hanya dengan menggunakan kunci L.

Harga spin down centrifuge bervariasi tergantung dari merek dan teknologi yang diusung oleh pabrikan. Untuk harga spin down centrifuge Magal sendiri tergolong relatif bersaing dibanding merk mini spin down lainnya. Merk China lainnya pun, Allsheng, mengeluarkan 5 tipe spin down centrifuge yaitu Mini-6 KC, Mini-6KS, Mini-6K, Mini-7K dan Mini-10K. Akan kami ulas kelebihan micro centrifuge Allsheng ini dalam artikel terpisah.

Jika Anda membutuhkan informasi daftar harga centrifuge, dapat menghubungi kami: WA. +62 812-9318-5185.